Wednesday 23 February 2011

Kosakata Korea Part 1

...A-Yo belajar bahasa korea,,, ^o^
...postingan aku kali ini tentang kosakata bahasa korea yang sering digunakan sehari-hari,,,
...mian kalo banyak yang salah... =)
...langsung aj cekidottt..... :D

babo : bodoh
mianhae : maaf
mianhamnida : maaf ( lbh formal, biasanya digunakan pd org yg lebih tua )
annyeong haseyo : halo ( ucapan salam, di gunakan untuk menyapa / memberi salam )
annyeong hi-gyeseyo : selamat tinggal
sillyehamnida : permisi

hyung : kakak laki2 ( di gunakan untuk laki2 memanggil kakak laki2 )
noona : kakak perempuan ( di gunakan untuk laki2 memanggil kakak perempuan )
eonnie : kakak perempuan ( di gunakan untuk perempuan memanggil kakak perempuan )
oppa : kakak laki2 ( di gunakan untuk perempuan memanggil kakak laki2, biasanya jg kpd pacar )
eomma : ibu ( biasanya untuk umur yg msh di bawah remaja )
appa : ayah
omoni = ibu (lebih sopan dari eomma)
aboji = ayah (lebih sopan dari appa)
ahjussi : paman
namjachingu : pacar laki2
yeojachingu : pacar perempuan
namja : pria
yeoja : perempuan
yonin : pasangan
yonae : kencan
Halmeoni : nenek
Abanie : kakek
chingu : teman ( biasanya utk yg lebih dekat )
Dongsaeng : adik
Magnae : termuda

kansahamnida : terima kasih ( formal )
gomaweo : terima kasih ( non-formal )
cheonmaneyo : sama - sama
saengil chukkahamnida : selamat ulangtahun
yeoboseyo : halo ( di gunakan saat mengangkat telepon )
ne / ye : iya
aniyo : tidak
andwae : bukan / tidak ( yg bener yg mana ya ? )
wae : kenapa ?
sesang : dunia
cheoreom : seperti
giok : ingatan
onje : kapan ?
nomu : juga
jigum / chigum : sekarang
haengbokhaeyo : bahagia
jakku : lagi
imi : siap
dashi : lagi ( kurang tau apa perbedaannya sm jakku )
jeongmal / chongmal : benar / sungguh / kenyataan
arayo / arasho : tau
jebal : tolong / please
nun : mata
mori : kepala
moriga : sakit kepala
shimjang : hati
mi-ting : kencan buta
yakhon : peraturan
gyo-ron : menikah
sir-yon : sakit hati
ije / ijen : sekarang
nul : selalu
na : saya
shipo : harap
hamkke : bersama
irohke : seperti ini
saram : orang
no : kamu ( informal )
noye : kamu
sarang : cinta
hwa jang sil : toilet
eotteokhae : bagaimana ?
mwo : apa ?
nugu : siapa ?
odi : dimana ?

jinjja : benarkah ??
Miinaa : cantik
Boishe : ganteng / tampan
boshe'da / boshe'ta : keren
uri : kita
kka / kajja : ayo !
Anjangsaeyo ( ga tao bner ap ga tlisan'a ) : silahkan duduk ! ( non formal )
jewaill : aku sayang kamu
wegure : kenapa ? Ada apa ?

cinta : sarang
kamu : ye
kata : wodeu
apa : museun
yang : eoneu
butuhkan : pil-yohabnida


Yeongwonhi : selamanya
Shalkka : beli
Onjena : dulu
Kkum : mimpi
Hana : bunga
Honja dasi tto : sendiri
Nunmul : air mata
Kaseumap'a : hatiku t'luka
Naneun : saya (spti ; i'm)
Doneun : kamu (spth ; you are)
Eottobukaeyeo : serahkn pdaku
Miciegetta : aku spt org gila
Joha / johahae : suka
Bogoshipeo : aku rindu kamu (nonformal)
Bogoship'da / bogoship'ta : aku rindu kamu (formal)
Molla : lupa
Goyya : lari
Barabwa : lihatlah aku!
Kajimaeyo : jgn pergi
Dwaeji : babi
Ghae : anjing

nomu = sangat
shipo = ingin/mau
neohui = kalian
jakku/meil/hangsang = selalu
arayo/araseyo = tau/ mengerti
mi= cantik
minam = ganteng (laki-laki)
minyeo = cantik (perempuan)
meosisseoyo = keren
anjuseyo = duduklah
geurae = jadi
na/jeo = aku
neo = kamu
nae : na + ui = milik aku
jincha = bnar2
eonu/muoseun = jenis apa, yang mana?
na neun/ jeoneun : na + neun = subjek saia sdang dijadikan topik pmbicraan
nae/je = milik saya
...ne : neo + ui = milik kamu
sada/sayo = membeli
honja = sendiri

_berbagai sumber_

No comments:

Post a Comment